Selamat Datang di Blog Basic-animation.blogspot.com - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Basic-Animation #3: Tugas 1 Kelompok Dasar Animasi

Kamis, 22 Mei 2014

Tugas 1 Kelompok Dasar Animasi

SEJARAH ANIMASI

Sejarah Animasi adalah suatu teknik yang banyak sekali dipakai didalam dunia film dewasa ini, baik sebagai satu kesatuan yang utuh, bagian dari suatu film, maupun bersatu dengan film live.
Dunia film sebelumnya berakar dari fotografy,sedangkan animasi berakar dari dunia gambar, yaitu ilustrasi design grafis (design komunikasi Visual).Melalui sejarahnya masing-masing,baik fotografi maupun ilustrasi mendapat dimensi dan wujud baru di film live dan animasi.
Dapat dikatakan bahwa animasi merupakan sebuah media yang lahir dari dua konvensi atau disiplin,yaitu film dan gambar. Untuk dapat mengerti dan memakai tehnik animasi,kedua konvensi tersebut dapt dipahami dan dimengerti. Film, biasanya dipakai untuk merekam suatu keadaan, atau mengemukakan sesuatu. Film digunakan untuk memnuhi suatu kebutuhan umum, yaitu mengkonsumsikan gagasan, pesan atau kenyataan.
Karena keunikan dimensinya, dan karena sifat hiburannya, film sudah diterima sebagai salah satu media audio visual yang paling populer dan digemari. Karena itu juga dianggap sebagai media yang efektif.
Untuk dapat mepergunakan media film, ada dua macam pokok yang harus dihadapi, yaitu masalah teknik film dan masalah teknik mengemukakan suatu dengan film atau juga disebut teknik presentasi demikian juga hal yang harus diketahui didalam film animasi yaitu masalah teknik animasi dan masalah teknik mengkomunikasikan sesuatu dengan teknik animasi.
Sering perkataan 'teknik berkomunikasi' lebih akrap dikatakan "seni berkomunikasi".
Dalam kenyataannya memang hal ini sangat erat hubungannya dengan berbagi bidang kegiatan seni, baik visual maupun verbal atau teateral. bagi seorang perencana komunikasi, kegiatan ini sangat penting untuk dimengerti. Seseorang pembuat film akan menghadapi masalah teknik membuat film dan seni membuat film.


ASAL MULA TEKNIK ANIMASI.

Keinginan manusia membuat gambar atau santiran(image)yang  hidup dan bergerak sebagai pantara dari pengungkapan (expresion) mereka merupakan perwujudan dari bentuk dasar animasi yang hidup berkembang.
Kata Animasi itu sendiri sebenarnya dari kata animation, yang berasal dari kata dasar atau animate, dalam kamus umum inggris indonesia berati menghidupkan(wojowasito 1997).
Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakan benda mati, suatu benda mati diberi dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.
Sebenarnya, sejak jaman dulu, manusia telah mencoba menganimasi gerak gambar binatanng mereka, seperti yang di temukan oleh para ahli purbakala di gua Lascaux spanyol utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih; mereka mencoba untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, byson atau kuda, di gambarkanya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973:23).
Orang mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 SM (Thomas 1958:8).
lukisan jepang kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarakan gulungan lukisan, di buat pada masa Heiean (794-1192) (ensikopedi ' Americana volume 19,1976). Kemudian muncul mainan yang di sebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di eropa, berupa lembara cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kananya di ikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18).
Hingga di tahun 1880-an, Jean Merey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerk terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat yang menjadi cikal bakal karema film hidup yang berkembang sampai saat ini. dan di tahun 1892, Emille Reynauld menggambarkan mainan gambar animasi yang di sebut Praxinoscope, berupa rangkaian ratusan gambar animasi yang di putar dan di proyeksikan pada sebuah cermin menjadi suatu gerak film, sebuah alat cikal bakal proyektor pada bioskop (Laybourne 1978:23).
Kedua pemula pembuat film bioskop, bersal dari perancis ini, dianggap sebagai pembuka awal dari perkembangan teknik film animasi (Ensiklopedi 'Americana' vol.VI,1976:740).

JENIS_JENIS ANIMASI
animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu:
1.Animasi 2D.
2.Animasi 3D.
3.Animasi tanah liat(Clay Animation ).
4.Animasi jepang(Anime).
Animasi 2D animasi yangt akrap dengan keseharian kita.biasa juga disebut dengan film kartun.kartun sendiri berasal dari kata  Carttoon,yang artinya gambar yang lucu.memang, film kartun ini kebanyakan film yang lucu.
Contohnya: banyak sekai,baik di TV maupun dibioskop.misalnya :looney Tunes,Pink Panther,Tom and Jerry,Scooby Doo,Doraemon,Mulan,Lion King, Spirit , Dll. Meski yang paling terpopuler kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.
Animasi 3D perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semaikin berkembang dan maju pesat.animasi 3D adalah perkembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D karakter yang perlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
Semenjak Toy Story buatan  Disney (Pixar Studio), maka berlomba-lombalah  studio film dunia meproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bug's life ,antz, Dinosaurus,Final Fantasy, Toy Story 2, Monster inc, hingga Finding Nemo.kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI(Computer Generated Imagery).

Animasi Tanah Liat(Clay Animation).

Kata orang,meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan bistik, namun terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem. ungkapan tersebut cocok buat animasi Clay Animation.
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahal teknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti saat  Toy Story membuka era baru animasi 3D.Bahkan boleh nenek moyangnya animasi.Karena animasi pertama dalam bentuk Clay Animation.
Film animasi Clay Pertama dirilis bulan Febuari 1908 berjudul, A Sculptor's Welsh Rarebi Nighmare. Untuk beberapa waktu yang  lalu juga ,beredar film Clay yang berjudul Chicken Run.

Animasi Jepang(Anime)
Film-film yang dibahas adalah kebanyakan dibuatan Amerika dan Eropa, Namun, Jepang pun tak kalah dengan animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutan untuk animasi jepang). berbeda dengan animasi america, anime jepang tidak di peruntukan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.
Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris yaitu Dr. Osamu Tezuka. beliau menciptakan Tetsuwen Atom atau lebih di kenal dengan Astro Boy.
seperti film animsi Amerika atau Eropa, anime juga terdiri dari beberapa jenis tapi yang membedakan bukan cara pembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.

Software Pembuat Animasi.
dipasaran sekarang ini sudah beredar banyak software membuat animasi, baik itu 2D atau 3D.Untuk lebih jelasnya perhatikan daftar bawah ini.

2 Dimensi
1. Macromedia Flash
2. CoRETAS
3. Corel R.A.V.E.
4. After Efects.
5. Moho
6. CreaToon
7. ToonBoom.
8. Autodesk Animation(1990-an).
9. Dan lain-lain.

3 Dimensi

1.  Maya.
2.  3D Studio Mac.
3.  Maxon Cinema 4 D.
4. LightWave.
5. SoftImage.
6. Poser.
7. Motion Builder.
8. Hash Animation Master.
9. Wings 3D.
10. Carrara.
11.  Infini-D.
12. Canoma.
13. Dan lain-lain.

Sejarah perkembangan Animasi Dunia.
  1. Sejarah mencatat pada tahun 30.000 SM (sebelum masehi) terdapat lukisan didinding goa di Spanyol yaitu gambar babi hutan dengan kaki berjumlah delapan. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar yang bertumpuk.
01 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Pada tahun 1.600 SM di Yunani dan Mesir orang-orang sudah bisa menggambarkan gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal ini di buktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan rumah tangga mereka.
01 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Selanjutnya pada tahun 1824 ditemukan sebuah alat sederhana bernama THAUMATROPE. Alat ini berbentuk lempengan dengan dua sisi saja seperti uang logam. Saat diputar dengan cepat tentunya kedua sisi itu akan memberikan kesan satu permukaan/ satu gambar.
03 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Pada tahun 1831 ditemukan alat lagi yaitu PHENAKISTOSCOPE. Alat ini berbentuk seperti kipas tangan, dengan gambar yang berurutan pada satu sisinya. Dan juga terdapat beberapa lubang untuk melihat adegannya saat diputar. Bila dilihat langsung tanpa lubang maka kita tidak bisa melihat gerakan pada alat ini. Namun bila dilihat dari balik lubang dan dipantulkan ke cermin maka kita bisa melihat gerakannya.
04
  1. Pada tahun 1867 ditemukan alat yang mirip dengan sebelumnya. Namanya ZOETROPE, atau biasa juga disebut dengan WEEL OF LIFE. Cara kerja alat ini mirip dengan alat sebelumnya, namun sekarang berbentuk tabung. Sehingga adegannya bisa diganti-ganti.
05 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1877 dilanjutkan dengan alat bernama PRAXINOSCOPE. Alat ini juga berbentuk tabung dan adegannya bisa di ganti-ganti dengan roll film baru. Bedanya ada pada bagian tengah roda. Ditengahnya terdapat cermin yang diposisikan bersilangan. Hal ini menggantikan teknik lobang yang sebelumnya digunakan untuk melihat adegan. Pada perkembangannya alat ini bisa memutar animasi dengan durasi yang lebih lama dengan cara dibesarkan ukuran tabungnya. Dan juga dengan modifikasi akhirnya bisa di pancarkan ke dinding dengan menggunakan lampu dan cermin. Jadilah proyektor sederhana.
06 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1868. Selanjutnya setelah teknik dan teknologi fotografi ditemukan maka hal ini juga berpengaruh apada teknologi animasi. Animasi sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.
07 sejarah animasi DodyAnimation
  1. JAMES STUART BLACKTON seorang tukang gambar (ilustrator) dari koran di New York mencoba membuat animasi stopmotion dengan menggunakan kapur tulis dan kamera foto.  Disini James membuat adegan orang yang sedang merokok, seluruh adegan dan efek asapnya dibuat dengan kapur tulis. Film yang dia buat diberi judul: Humorous Phases of Funny Faces (1906)
07 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.
1109 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi yang sudah memiliki suara. Film pertama yang bersuara ini diberi judul Steamboat willie. Didalam film ini Walt Disney mengenalkan sosok Mickey tikus yang kita kenal sampai sekarang. Selang satu tahun, yaitu tahun 1929, Walt Disney mengeluarkan lagi film musikal berjudul The Skeleton Dance. Film ini menceritakan adegan menari para tengkorak, dan tentu saja adegannya sangat lucu dan menarik.
10 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1932 Walt disney kembali mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.
11 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1936 Mulai bermunculan studio animasi baru. Diantaranya ada studio Warner bros yang mengeluarkan film Bugs Bunny.
12 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Tahun 1937 Kembali Walt Disney mengeluarkan film animasi musikal yang sampai sekarang selalu dikenang, yaitu “Snow white and the seven dwarfs” atau Putri salju dan tujuh kurcaci.
14 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Berikutnya muncul lagi studio animasi baru yang mengeluarkan film animasi Scuuby Doo. Tentu anda sangat akrab dengan film animasi ini karena sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di stasiun TV kita. Studio animasi itu adalah HANNA-BARBERA tahun 1970
14 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Pada tahun 1995 sebuah film animasi CGI (Computer generated Imagery) muncul dengan judul Toy Story. Film 3D pertama ini dibuat oleh Studio Pixar. Sampai sekarang Pixar selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti Finding Nimo, Mr Incredibles, Cars, dan lain-lain.
15 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Selanjutnya tahun 2001 studio Dreamworks juga mengeluarkan film animasi CGI pertamanya berjudul Shrek. Dan sampai sekarang juga Dreamworks animation selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti: Kungfu panda, How to train your dragon, Madagascar, Bee the movie, dll
16 sejarah animasi DodyAnimation
  1. Hingga kini teknik animasi selalu dipakai baik dalam film layar lebar maupun film-film televisi. Perkembangan film animasi sangatlah pesat.
Demikian materi singkat tentang sejarah animasi dunia, semoga memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada anda. Terimakasih

Sumber;
Buku The animators survival kit
Buku The making of 3D animation movie using 3DStudioMax


Tidak ada komentar:

Posting Komentar